APLIKASI
PENGOLAHAN DATA SISWA SMP NU 9
MATARAM
BARU LAMPUNG TIMUR
DENGAN
MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6
Rosidi Yusuf
MANAGEMENT
INFORMATIKA
AMIK
DCC BANDAR LAMPUNG
Abstrak
Pengolahan
data yang berbasis komputer telah berkembang sehingga banyak
organisasi-organisasi,
sekolah-sekolah memanfaatkan teknologi informasi dalam
menunjang
efektifitas dan efisiensi kerja. Hal ini menuntut kemampuan sumber
daya manusia
untuk menguasai dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
dan
teknologi, berkembangnya ilmu pengetahuan selalu diikuti dengan kemajuan
teknologi
yang sangat dibutuhkan dalam pengolahan data. Penggunaan alat dan
program
komputer, maka pengolahan data akan dapat dilakukan dengan baik dan
hasil yang
sempurna. Selain itu juga memiliki ketelitian yang tinggi sehingga akan
memudahkan
dan tidak memakan waktu yang lama dalam pencarian data yang
diperlukan.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 19 Palembang merupakan
salah satu
sekolah yang mempunyai masalah dalam hal pemberian informasi.
Karena dalam
hal ini pembuatan laporan telah menggunakan sistem komputer,
tetapi
komputer belum digunakan secara maksimal sehingga pembuatan laporan
kurang
bervariasi sehingga mengalami beberapa kendala untuk mendapatkan
informasi
yang akurat. Masalah yang dialami SMP Negeri 19 Palembang antara
lain: Belum
adanya aplikasi khusus untuk peningkatan kinerja dalam pengolahan
data nilai
siswa dan kurang beragamnya laporan sehingga terjadi keterlambatan
pemberian
informasi. Cara mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu cara
pengolahan
data nilai siswa yang lebih efektif dan efisien, untuk dapat membantu dalam
penyajian informasi nilai siswa antara lain dengan membangun suatu
perangkat
lunak khusus untuk Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Palembang,
yang bisa
membantu proses pengolahan data nilai siswa, mengurangi penumpukan
kerja,
mengurangi kekeliruan.
Keywords: Aplikasi, Pengolahan Data,Visual Basic.6
PENDAHULUAN
Pengolahan data yang berbasis komputer
telah berkembang sehinggabanyak organisasiorganisasi,
sekolah-sekolah memanfaatkan teknologi
informasi dalam menunjang efektifitas dan
efisiensi kerja. Hal ini menuntut
kemampuan sumber daya manusia untuk menguasai dan
mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi, berkembangnya ilmu pengetahuan
selalu diikuti dengan kemajuan
teknologi yang sangat dibutuhkan dalam pengolahan data.
Pengolahan data dapat dilakukan dengan
cepat dan akurat dengan menggunakan komputer untuk
membantu dalam hal pengolahan data
tersebut. Komputer merupakan suatu alat pengolahan data
yang sangat membantu penggunanya untuk
memecahkan masalah-masalah yang sulit dikerjakan.
Penggunaan alat dan program komputer,
maka pengolahan data akan dapat dilakukan dengan baik
dan hasil yang sempurna. Selain itu
juga memiliki ketelitian yang tinggi sehingga akan
2
memudahkan dan tidak memakan waktu yang
lama dalam pencarian data yang diperlukan.
Sekolah Menengah Pertama (SMP) NU 9 Mataram
Baru Lampung Timur merupakan salah satu sekolah yang
mempunyai masalah dalam hal pemberian
informasi. Karena dalam hal ini pembuatan laporan
telah menggunakan sistem komputer,
tetapi komputer belum digunakan secara maksimal sehingga
pembuatan laporan kurang bervariasi
sehingga mengalami beberapa kendala untuk mendapatkan
informasiyang akurat. Masalah yang
dialami SMP) NU 9 Mataram Baru Lampung Timur antara lain: Belum
adanya aplikasi khusus untuk
peningkatan kinerja dalam pengolahan data nilai siswa dan kurang
beragamnya laporan sehingga terjadi
keterlambatan pemberian informasi.
Jumlah siswa sudah sebanyak 875 siswa
yang terdiri dari kelas 7 sampai kelas 9 dan
memiliki 22 lokal kelas. Pada saat ini
pengolahan data yang dilakukan telah menggunakan
aplikasi yaitu Microsoft Office, dengan menggunakan Microsoft Word sebagai pengolahan kata
dan Microsoft Excel sebagai aplikasi pengolah angka, sedangkan
arsip-arsip masih disimpan di
dalam map pembukuan. Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 19 Palembang dalam
pemberian informasi yang ditampilkan
masih terdapat kekurangan yaitu kurang bervariasi dalam
pembuatan laporan seperti data siswa,
nilai siswa, nilai perkelas, nilai per mata pelajaran, untuk
mendapatkan informasi yang diinginkan
membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama dalam
pengumpulan data, dan tidak menutup
kemungkinan informasi yang didapat tidak akurat. Cara
mengatasi masalah tersebut maka
diperlukan suatu cara pengolahan data nilai siswa yang lebih
efektif dan efisien, untuk dapat
membantu dalam penyajian informasi nilai siswa antara lain
dengan membangun suatu perangkat lunak
khusus untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) NU 9 Mataram Baru Lampung Timur,
yang bisa membantu proses pengolahan data nilai siswa, mengurangi penumpukan
kerja, mengurangi kekeliruan.
LANDASAN
TEORI
Aplikasi
Aplikasi menurut Jogiyanto (2005:103),
aplikasi adalah suatu sistem yang dirancang
dan disusun sedemikian rupa sehingga
komputer dapat memproses input menjadi output.
Pengolahan
Data
Pengolahan Data (data processing) adalah Manipulasi
dari data kedalam bentuk yang
lebih berguna dan lebih berarti, berupa
suatu informasi (Jogiyanto, 2005:02). Pengolahan
Data adalah masa atau waktu yang
digunakan untuk mendeskripsikan perubahan bentuk data
menjadi informasi yang memiliki
kegunaan (Fathoni, 2006:07). Pengolahan Data adalah
Pemrosesan data menjadi suatu informasi
yang lebih berguna dari pada data (Lia, 2006:48).
Menurut kesimpulan di atas, pengolahan
data adalah proses pengolahan data, sehingga
menjadi suatu informasi yang berbentuk
data fakta.
Visual Basic.6
Dari Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas, pengertian Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan
dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber(navigasi),
berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.
Selain dari dunia hiburan, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia game. Multimedia dimanfaatkan
juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai
media pengajaran, baik dalam kelas
maupun secara sendiri-sendiri. (Sumber
http : //
media.diknas.go.id / media / document /
5335.pdf).
Menurut Abdillah (2006:6) Borland Delphi adalah perangkat (tool) untuk aplikasi
berbasis windows. Borland Delphi
menjadi popular karena kemudahannya dalam penggunaan seperti Visual BASIC dan memiliki kinerja
sebagus C++. Borland Delphi merupakan
bahasa
pemrograman versi lanjutan pascal yang
mendukung OOP (Object Oriented
Programming).
Program Borland Delphi merupakan
program yang berjalan pada sistem operasi
windows, dikeluarkan oleh perusahaan software Inpirse. Delphi dilengkapi
dengan konsep
Object
Oriented Programming (OOP),
menyediakan interface yang user-friendly, serta GUI
(Graphicaly
User Interface). Bahasa Delphi merupakan sekumpulan dari object oriented
extensions untuk standar pascal. Object Oriented Programming (OOP)
merupakan extensi
dari Structured Programming (Pemrograman Terstruktur) yang
menggunakan ‘code reuse’
dan encapsulation dari data dengan fungsi-fungsinya.
Delphi mendukung semua konsep utama object oriented antara lain :
1. Polymorphism yaitu dapat merespon berbagai situasi dengan
beragam aksi.
2. Inheritance (Pewarisan Sifat).
3.Encapsulation yang menyembunyikan kompleksitas pengembangan perangkat
lunak
berbasis windows secara fleksibel.
Delphi juga mendukung suatu metode
untuk pengembangan yang dikenal sebagai
Rapid
Application Devlopment (RAD).
RAD memungkinkan pengembangan perangkat lunak
dan penggunaanya untuk bekerja bersama
menciptakan sistem perangkat lunak dalam tempo
waktu yang singkat. Delphi menggunakan
komponen Visual Component Library (VCL).
VCL
adalah sekumpulan object pada Delphi yang digunakan
aplikasi berbasis windows.
Komponen-komponen tersebut dapat
ditemukan pada componentpallete yang antara lain
adalah komponen Standard, Additional,
Win32, System, Data Access, Data controls,
dbExpress, DataSnap, BDE, ADO, Qreport,
dan lainlain.
Beberapa istilah dari komponen Delphi
yang digunakan dalam membuat program
aplikasi antara lain sebagai berikut :
1. Project yaitu sekumpulan form,
unit dan beberapa hal lain dalam program aplikasi project
adalah program aplikasi itu sendiri.
2. Form adalah suatu object yang digunakan sebagai tempat bekerja
program aplikasi.
3. Unit yaitu modul kode-kode program,
suatu project dapat memiliki
satuuni ataulebih.
4. Property digunakan untuk mendefinisikan atribut atau
karakteristik setting suatu objeck.
5. Event merupakan suatu action
atau occurrence yang
dideteksi oleh suatu program .
6. Mathods merupakan procedure yang selalu diasosiasikan dengan
suatu class dan behavior
dari suatu object.
TEKNIK
PENGUMPULAN DATA
Untuk mendapatkan informasi yang
lengkap dan jelas, penelitian di lakukan dengan cara :
1. Observasi (Pengamatan) Pengumpulan
data atau keterangan dengan cara melihat langsung
kelokasi penelitian.
2. Wawancara Pengumpulan data dengan
cara tanya jawab dengan pihak langsung sekolah
yang berwenang memberikan keterangan
dan informasi tentang data-data yang diperlukan
baik secara individu maupun kelompok.
3. Studi Pustaka Data yang dikumpulkan
secara tidak langsung dari sumber-sumber lainnya,
berdasarkan ilmu pengetahuan yang
diperlukan selama mengikuti perkuliahan serta
kepustakaan.
SISTEM
YANG DIUSULKAN1.
Diagram Konteks
Gambar 1. Diagram
Konteks
2. Data Flow Diagram Level 0
Gambar 2. Data Flow
Diagram Level 0
3. Entity Relationship Diagram (ERD)
Entitiy relationship diagram digunakan
untuk mengembangkan struktur data yang
berhubungan antara bagian yang saling
berhubungan dan digunakan untuk merancang suatu
tabel database pembuatan suatu program.
Gambar 3. Entity Entity Relationship Diagram (ERD)
HASIL DAN PEMBAHASAN
1. Menu Utama
Menu utama adalah form utama pada program. Form menu utama berguna untuk
mengelola form lain. Pada Form menu
utama digunakan untuk menampilkan submenusubmenu
yang ada pada program yaitu menu file dan keluar dari program.
Tampilan menu
utama terlihat seperti gambar di bawah ini.
Gambar 4. Tampilan
Menu Utama
Menu utama terdiri dari beberapa menu file yaitu :
a. Sub Menu Data Siswa
Yang berguna untuk menampilkan form Data Siswa.
b. Sub Menu Data Guru
Yang berguna untuk menampilkan form Data Guru.
c. Sub Menu Data Mata Pelajaran
Yang berguna untuk menampilkan form Data Mata Pelajaran.
d. Sub Menu Data Jadual
Yang berguna untuk menampilkan form Data Jadual.
e. Sub Menu Data Nilai
Yang berguna untuk menampilkan form Data Nilai.
2. Form Data Siswa
Form data siswa berguna
untuk memasukan data siswa, mengedit,
menghapus dan
mencari Data Siswa Serta Mencetak
Laporan Data Siswa. Untuk menjalankan sub menu ini
adalah dengan memilih file siswa di
menu utama, kemudian akan tampil form untuk
mengisikan data-data siswa. Adapun tampilan input data
siswa sebagai berikut :
Gambar 5. Tampilan Data
Siswa
3. Form Data Guru
Form data guru berguna
untuk memasukan data guru,mengedit,
menghapus dan
mencari data guru serta mencetak
laporan data guru. Untuk menjalankan sub menu ini adalah
dengan memilih file guru di menu utama,
kemudian akan tampil form untuk
mengisikan data data guru. Adapun Tampilan input data guru sebagai berikut :
Gambar 6. Tampilan
Data Guru
4. Form Data
Mata Pelajaran
Form data mata pelajaran
berguna untuk memasukan data mata pelajaran,mengedit,
menghapus dan mencari data mata
pelajaran serta mencetak laporan data mata pelajaran.
Untuk menjalankan sub menu ini adalah
dengan memilih file mata pelajaran di menu utama,
kemudian akan tampil form untuk mengisikan data-data mata pelajaran.
Adapun tampilan
input data mata pelajaran sebagai
berikut :
Gambar 7. Tampilan Data Mata Pelajaran
5.Form Data
Jadual
Form data Jadual berguna
untuk memasukan data Jadual, mengedit,
menghapus dan
mencari data Jadual serta mencetak
laporan data Jadual. Untuk menjalankan sub menu ini
adalah dengan memilih file Jadual di
menu utama, kemudian akan tampil form untuk
mengisikan data Jadual. Adapun tampilan
input data Jadual sebagai berikut :
Gambar 8. Tampilan
Data Jadual
6. Form Data
Nilai
Form data nilai berguna
untuk memasukan data nilai, mengedit,
menghapus dan
mencari data nilai serta mencetak
laporan data nilai. Untuk menjalankan sub menu ini adalah
dengan memilih file nilai di menu
utama, kemudian akan tampil form untuk
mengisikan data
nilai. Adapun tampilan input data nilai
sebagai berikut :
Gambar 9. Tampilan
Data Nilai
7. Laporan
Laporan terdiri dari daftar laporan
siswa, daftar laporan guru, daftar laporan mata
pelajaran, daftar laporn jadual dan
daftar laporan nilai.
1. Laporan Siswa Per Kelas
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat data siswa per kelas yang telah
imasukkan melalui form input data
siswa. Berikut merupakan tampilan dari laporan siswa per
kelas :
Gambar 9. Tampilan
Siswa Perkelas
Cara kerja desain laporan Data Siswa
Per Kelas untuk menampilkan laporan Data Siswa
Per Kelas yaitu dengan cara
menginputkan kelas yang di inginkan kemudian mengetik nama
kepala sekolah lalu tekan preview maka
akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 10. Tampilan Laporan Data Siswa
Perkelas
2. Laporan Siswa Per Tahun Masuk
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat siswa per tahun masuk yang telah
dimasukkan melalui form input data
siswa. Berikut merupakan tampilan dari laporan siswa
per tahun masuk :
Gambar 10. Tampilan
Data Siswa Pertahun Masuk
Cara kerja desain laporan Data Siswa
Per Tahun Masuk untuk menampilkan laporan
Data Siswa Per Tahun Masuk yaitu dengan
cara menginputkan bulan dan tahun masuk yang di inginkan kemudian mengetik nama
kepala sekolah lalu tekan preview maka akan didapat
tampilan sebagai berikut :
Gambar 11. Tampilan
Laporan Data Siswa Pertahun Masuk
3. Laporan Siswa Per Jenis Kelamin
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat siswa per jenis kelamin yang
telah dimasukkan melalui form input
data siswa. Berikut merupakan tampilan dari laporan
siswa per jenis kelamin :
Gambar 12. Tampilan
Siswa Per Jenis Kelamin
Cara kerja desain laporan Data Siswa
Per Jenis Kelamin untuk menampilkan laporan
Data Siswa Per Per Jenis Kelamin yaitu
dengan cara memilih jenis kelamin dan kelas yang di
inginkan pada combobox kemudian mengetik nama kepala sekolah lalu tekan
preview maka
akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 13. Tampilan
Laporan Siswa Per Jenis Kelamin
4. Laporan Seluruh Siswa
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat seluruh siswa yang telah
dimasukkan melalui form input data
siswa. Berikut merupakan tampilan dari laporan seluruh
data siswa:
Gambar 14. Tampilan
Keseluruhan Siswa
Cara kerja desain laporan Data Seluruh
Siswa untuk menampilkan laporan Data Seluruh
Siswa dengan cara menginputkan nama
kepala sekolah lalu tekan preview maka akan didapat
tampilan sebagai berikut :
Gambar 15. Tampilan
Laporan Keseluruhan Siswa
5. Laporan Guru Per Jenis Kelamin
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat guru per Gender yang telah
dimasukkan melalui form input data
guru. Berikut merupakan tampilan dari laporan guru per
jenis kelamin :
Gambar 15. Tampilan
Data Guru Per Gender
Cara kerja desain laporan Data guru Per
Jenis Kelamin untuk menampilkan laporan
Data guru Per Per Jenis Kelamin yaitu
dengan cara memilih jenis kelamin yang di inginkan
pada combobox kemudian mengetik nama kepala sekolah lalu tekan
preview maka akan
didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 16. Tampilan
Laporan Data Guru Per Gender
6. Laporan Guru Per Jenjang Pendidikan
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat guru per Jenjang Pendidikan yang
telah dimasukkan melalui form input
data guru. Berikut merupakan tampilan dari laporan
guru Per Jenjang Pendidikan :
Gambar 16. Tampilan
Data Guru Per Jenjang Pendidikan
Cara kerja desain laporan Data guru Per
Jenjang Pendidikan untuk menampilkan laporan
Data guru Per Jenjang Pendidikan yaitu
dengan cara memilih Jenjang Pendidikan yang di
inginkan pada combobox kemudian mengetik nama kepala sekolah lalu tekan
preview maka
akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 17. Tampilan
Laporan Data Guru Per Jenjang Pendidikan
7. Laporan Seluruh Guru
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat seluruh guru yang telah
dimasukkan melalui form input data
guru. Berikut merupakan tampilan dari laporan seluruh
guru :
Gambar 17. Tampilan
Data Seluruh Guru
Cara kerja desain laporan Data Seluruh
Guru untuk menampilkan laporan Data Seluruh
Guru dengan cara klik refresh lalu
tekan preview maka akan didapat tampilan sebagai
berikut :
Gambar 18. Tampilan
Laporan Data Seluruh Guru
8. Laporan Mata Pelajaran
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat seluruh mata pelajaran yang telah
dimasukkan melalui form input mata
pelajaran. Berikut merupakan tampilan dari laporan
seluruh mata pelajaran :
Gambar 19. Tampilan
Data Seluruh Mata Pelajaran
Cara kerja desain laporan Data Seluruh
Mata Pelajaran untuk menampilkan laporan Data
Seluruh Mata Pelajaran tekan tombol
refresh lalu tekan preview maka akan didapat tampilan
sebagai berikut :
Gambar 20. Tampilan
Laporan Data Seluruh Mata Pelajaran
9. Laporan Jadual Per Guru
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat jadual per guru yang telah
dimasukkan melalui form input jadual.
Berikut merupakan tampilan dari laporan jadual per
guru :
Gambar 21. Tampilan
Jadual Perguru
Cara kerja desain laporan Data Jadual
Per Guru untuk menampilkan laporan Data Jadual
Per Guru yaitu dengan cara menginputkan
kode guru yang di inginkan akan tampil nama guru
kemudian ketik tahun ajaran lalu tekan
preview maka akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 22. Tampilan
Laporan Jadual Perguru
10. Laporan Jadual Siswa Perkelas
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat jadual per kela yang telah
dimasukkan melalui form input jadual.
Berikut merupakan tampilan dari laporan jadual per
kelas :
Gambar 23. Tampilan
Data Jadual Siswa Perkelas
Cara kerja desain laporan Data Jadual
Per Kelas untuk menampilkan laporan Data Jadual
Per Kelas yaitu dengan cara
menginputkan data Kelas yang di inginkan kemudian mengetik
tahun ajaran lalu tekan preview maka
akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 24. Tampilan
Laporan Data Jadual Siswa Perkelas
11. Laporan Seluruh Jadual
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat seluruh jadual yang telah
dimasukkan melalui form input jadual.
Berikut merupakan tampilan dari laporan seluruh
jadual :
Gambar 25. Tampilan
Seluruh Jadual
Cara kerja desain laporan Data Seluruh
Jadual untuk menampilkan laporan Data
Seluruh Jadual yaitu dengan cara
menekan tombol refresh lalu tekan preview maka akan
didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 26. Tampilan
Laporan Seluruh Jadual
12. Laporan Nilai Per Pelajaran Dan Per
Kelas
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat nilai per pelajaran dan perkelas
yang telah dimasukkan melalui form
input nilai. Berikut merupakan tampilan dari laporan
nilai per pelajaran dan nilai per kelas
:
Gambar 27. Tampilan Nilai
Perpelajaran dan Perkelas
Cara kerja desain laporan Data Nilai
Per Pelajaran Dan Per Kelas untuk menampilkan
laporan Data Nilai Per Pelajaran Dan
Per Kelas yaitu dengan cara menginputkan kode
kemudian kelas, tahun ajaran lalu
mengetik nama kepala sekolah lalu tekan preview maka
akan didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 27. Tampilan
Laporan Nilai Perpelajaran dan Perkelas
13. Laporan Nilai Per siswa
Merupakan laporan yang digunakan untuk
melihat nilai per siswa yang telah
dimasukkan melalui form input nilai.
Berikut merupakan tampilan dari laporan nilai per
siswa :
Gambar 28. Tampilan
Data Nilai Persiswa
Cara kerja desain laporan Data Nilai
Per Siswa untuk menampilkan laporan Data Nilai
Per Siswa yaitu dengan cara
menginputkan NISN kemudian kelas lalu mengetik tahun
pelajaran lalu tekan preview maka akan
didapat tampilan sebagai berikut :
Gambar 28. Tampilan
Laporan Data Nilai Persiswa
PENUTUP
Simpulan
Berdasakan hasil dan pembahasan yang
telah dituliskan, maka kesimpulan
yang dapat diambil dari penelitian ini
adalah sebagai berikut :
1. Aplikasi yang di hasilkan adalah
Aplikasi Pengolahan Data Nilai Siswa di SMP Negeri 19
Palembang di implementasikan dengan
menggunakan aplikasi Borland Delphi 7.0.
Aplikasi ini di bangun menggunakan
tahap pengembangan sistem menurut Mahyuzir yang
terdiri dari pendefinisian masalah,
studi kelayakan, rancangan sistem, detail sistem serta
penerapan
2. Aplikasi ini dapat membantu proses
pendataan Pengolahan Data Nilai Siswa di SMP
Negeri 19 Palembang, sehingga dapat
menghasilkan informasi yang bervariasi dalam hal
laporan serta cepat, tepat sebagai
bahan untuk meningkatkan kemampuan dalam membuat
suatu program aplikasi komputer
sehingga lebih bermanfaat bagi pihak yang memerlukan
agar bisa dijadikan bahan penelitian
selanjutnya.
Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas maka
penulis menyarankan sebagai berikut :
1. Sesuai dengan kebutuhan pelayanan
informasi sekarang dan untuk selanjutnya, di sarankan
agar aplikasi ini nantinya dapat
dikembangkan lagi menjadi aplikasi yang dapat digunakan
untuk banyak pemakai (Multi User).
2. Untuk pemeliharaan aplikasi program
ini perlu adanya evaluasi secara rutin sehingga dapat
dilihat apakah perlu diadakan perbaikan
atau penyempurnaan kembali.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdillah, Leon Andretti. 2006. Pemrograman III. Palembang. :
Universitas Bina Darma.
Fathoni. 2006. Analisis Sistem Informasi. Palembang. : Universitas Bina Darma.
Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Yogyakarta. : Andi.
Hartono, Jogiyanto. 2005. Pengenalan Komputer. Yogyakarta. :
Andi.
Kristanto, Andri. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya.
Yogyakarta. : Gaya
Media.
Kuswayatno, Lia. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Bandung. : Grafindo Media
Pratama.
Mahyuzir, Tavri. D. 2001. Analisa dan Perancangan Sistem Pengolahan
Data. Jakarta. : Elex
Media Komputindo.
Nugroho, Adi. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
dengan Metodologi
Berorientasi
Objek.
Bandung. : Informatika.
Sudarmo, Padji. M. 2006. Kamus Istilah Komputer, Teknologi Informasi
dan Komunikasi.
Bandung. : Yrama Widya.
Tim Redaksi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga.
Jakarta. : Balai Pustaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih Atas Komentar Anda!!!